Malang Hujan! Hati-hati di Jalan!

malang hujanimage from here

Beberapa hari yang lalu, Malang basah setiap hari. Bukan sekedar basah, tapi terkadang badai menerpa kota tercinta kita. Durasinya bisa dalam hitungan menit, bisa juga berjam-jam.

Sudah siap-siap cantik-cantik, ganteng-ganteng, rapi klimis, setengah jalan langsung basah kuyup gara-gara kehujanan. Apalagi yang kendaraannya sudah dicuci sebelum berangkat. Rasanya langsung sesak nafas.

Tentunya kita tidak mau aktifitas kita tertunda gara-gara hujan kan? Apalagi sampai tertunda gara-gara tidak hati-hati di jalan waktu hujan.

Sebenarnya, kalau boleh sih waktu kita lagi jalan kalau bisa jangan hujan, hujannya nanti waktu sudah sampai rumah saja, kalau boleh. Tapi daripada kita berharap-harap cemas, lebih baik kita bersiap-siap kalaupun harus berkendara motor di kala hujan. Nah, Rental Motor Malang punya beberapa tips untuk bisa tetap berkendara dengan mot0r di kala hujan.

1. Pakai Jas Hujan!

Siapkan jas hujan two-pieces yang terdiri dari atasan lengan panjang dan bawahan celana panjang. Jangan pakai yang model poncho, karena resiko terbelit ban dan menyebabkan kecelakaan besar sekali. Jangan tunggu hujan deras dulu baru pakai jas hujan. Sudah mendung, langsung dipakai saja supaya tidak terburu-buru waktu hujan tiba-tiba turun. Oleh karena itu, waktu rekan-rekan sewa motor di Rental Motor Malang dan hari kelihatan mendung, mintalah fasilitas jas hujan, karena Rental Motor Malang sudah menyiapkan!

2. Pakai Helm Berkaca Bening!

Biasanya, waktu hujan kondisi langit gelap gulita dan curah hujan bisa mengganggu pandangan dan menyakiti kulit wajah. Oleh karena itu, helm berkaca depan mutlak diperlukan. Jangan menggunakan helm berkaca gelap, karena akan memperparah kemampuan melihat. Apalagi kacamata hitam, sekeren apapun, lebih baik jangan dipakai di waktu hujan. Dan jangan lupa nyalakan lampu, untuk membantu jarak pandang kita dan supaya pengendara lain dapat melihat keberadaan kita sehingga lebih waspada. Kebetulan armada Rental Motor Malang yang siap disewa untuk jalan-jalan, fitur lampu notornya sudah built-in tanpa perlu dinyala-matikan lagi. Praktis kan?

3. Pakai Alas Kaki yang Tidak Licin!

Idealnya, saat mengendarai motor, terutama waktu hujan, alas kaki yang dipakai adalah sepatu tertutup. Selain supaya kaki tidak terlalu basah, juga supaya kaki terlindungi kalaupun terjatuh tidak sampai luka-luka. Tapi yang paling penting, kita harus melihat alasnya, licin atau tidak. Karena saat hujan, tentunya jalanan yang basah jadi lebih licin dan berbahaya. Bayangkan kalau kaki kita turun untuk menahan motor, kemungkinan terpeleset besar sekali kalau alas kaki kita licin.

4. Atur Kecepatan Mengemudi!

Berhubung jalanan sedang licin dan kondisi pengendara lain saat hujan biasanya panik, lebih baik kita mengambil langkah yang tenang. Tidak perlu terlalu terburu-buru, tidak perlu mengebut. Karena kalau terlalu cepat, dikhawatirkan akan terpeleset licinnya jalanan atau pengendara lain yang sedang panik dapat mencelakakan kita. Pada saat hujan, gesekan ban dan jalan pun tidak berjalan dengan normal sehingga kemungkinan lepas kendali, terutama di tikungan, besar sekali. Apalagi saat hujan, kita tidak bisa menggunakan rem secara maksimal. Kalaupun harus mengerem dengan kuat, pastikan mengerem dengan rem belakang terlebih dahulu, baru rem depan perlahan-lahan. Inti dari tips keempat ini adalah: Pengendalian Diri.

5. Hindari Genangan Air!

Terkadang kita tidak tahu apa yang ada di balik genangan air tersebut. Bisa saja lobang besar menganga yang bisa membahayakan kita kalau kita terjang. Selain itu, cipratan air saat kita melewati genangan tersebut juga dapat mengganggu pengguna jalan lain, dan tentunya mengganggu performa berkendara kita.

6. Berteduhlah!

Kalau memang hujannya sudah terlalu deras, carilah tempat yang teduh segera. Warung, kafe, atau pinggiran toko pun bisa. Daripada kita memaksa melanjutkan perjalanan yang beresiko, lebih baik kita rehat sejenak. Mungkin memang kita ditakdirkan untuk menikmati segelas kopi hangat dan gorengan di warung pinggir jalan di kala hujan. Nikmat bukan?

Selamat jalan teman-teman, semoga perjalanannya nikmat, lancar dan tidak terganggu hujan!

Salam,

Rental Motor Malang

Standard Express Group

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s