Museum Brawijaya

Berwisata ke sebuah museum memang akan membawa kita bernostalgia ke masa lalu. Di Kota Malang terdapat sebuah museum yang selalu dijadikan destinasi tempat wisata, Museum Brawijaya itulah namanya. Museum Brawijaya berlokasi di Jl. Ijen Malang, dibangung pada tahun 1959-1962 yang diprakarsai oleh Brigjen TNI (Purn) Soerachman Pengdam VIII/BRW dan diresmikan pada tanggal 04 Mei 1968 oleh Kolonel Pur. Dr. Soewondo.

1

gambar diambil disini

2

gambar diambil disini

3

gambaar diabil disini

Mueum Brawijaya memiliki luas area 6825 m2 yang tersusur dari 2 area utama yaitu area pamer dan area kantor. Museum ini memiliki motto ” CITRA UTHA PANA CAKRA ” yang berarti cahaya yang membangkitkan semangat. Di museum ini anda akan menemukan berbagai peninggalan sejarah dan bermacam koleksi seperti tank, senjata penangkis serangan udara, meriam cannon, relief-relief, mobil kuno, foto-foto jaman perjuangan, foto-foto malang tempo dulu, barang-barang peninggalan Panglima Soedirman dan lain sebagainya.

wisata malang - koleksi museum brawijaya meriam

gambar diambil disini

5

gambar diambil disini

6

gambar diambil disini

Diantara koleksi yang dimiliki Museum Brawijaya yang paling terkenal adalah Gerbong Maut yang memiliki kisah yan tragis yaitu dahulu gerbong in digunakan untuk mengankut tawanan pejuang Indonesia dari penjara Bondowoso ke Surabaya pada tanggal 23 November 1947, dengan keadaan gebong yang tertutup rapat mengakibatkan 46 orang meninggal, 11 orang sakit parah, 31 orang sakit dan hanya 12 orang sehat.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

gambar diambil disini

8

gambar diambil disini

9

gambar diambil disini

Untuk dapat memasuki museum ini anda hanya akan dikenakan tiket sebesar kurang lebih Rp 2000,- dan bukan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 14.00. Lokasi museum berada di kawasan Kota Malang dan hanya berjarak 2km dari Stasiun Kota Baru Malang. Jadi sempatkanlah waktu anda bila sedang berkunjung ke Kota Malang untuk mengunjungi salah tempat yang banyak mengandung nilai sejarah ini.

Salam

Rental Motor

Standard Express

Advertisements

One thought on “Museum Brawijaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s