Museum Negeri Mpu Tantular

Museum Negeri Mpu Tantular terletak di Kecamatan Buduran, Kota Sidoarjo dan didirikan oleh Godfried von Faber pada tahun 1933 dan diresmikan pada tanggal 25 Juli 1937, sekarang museum in berada dibawah pengawasan dan dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis  pada Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Museum ini dulunya bernama Stendelijk Historisch Moseum Soerabaia dan awalnya terletak di Jl.Pemuda 3 Surabaya, dan didalamnya terdapat beberapa ruang seperti : ruang auditorium, ruang koleksi, perpustakaan, kantor.

1

gambar diambil disini

2

gambar diambil disini

3

gambar diambil disini

Di masanya Von Faber banyak melakukan hubungan internasional yang bertujuan untuk memperluas dan mengembangkan museum ini, tapi sayangnya Von Faber meninggal terlebih dahulu pada tanggal 30 September 1955 sebelum menyelesaikan berbagai hal. Ditinggal oleh Von Faber, museum ini tidak terawat dan banyak koleksinya yang rusak.

4

gambar diambil disini

5

gambar diambil disini

6

gambar diambil disini

7

gambar diambil disini

Pada akhirnya museum  ini diambil alih oleh Yayasan Pendidikan Umum untuk dikelola menjadi lebih baik. Pada tanggal 23 Mei 1972 museum ini diresmikan dengan nama Museum Jawa timur. Kemudian timbulah inisiatif untuk menyerahkan museum ini kepada Pemda Jatim. Lalu dalam prosese penegeriannya, Yayasan Pendidikan Umum bekerjasama dengan perwakilan Kantor Pembinaan Permuseuman Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1 November 1974 resmi berstatus museum negeri dan diresmikan dengan nama Museum Negeri Mpu Tantular.Pada pertengahan tahun 1975  museum ini dipindahkah ke Jl. Taman Mayangkara 6 Surabaya karena semakin banyaknya koleksi dan perluasan. Dan pada tanggal 14 Mei 2004 museum ini dipindahkan lagi ke Jl. Raya Buduran Sidoarjo.

8

gambar diambil disini

9

gambar diambil disini

10

gambar diambil disini

12

gambar diambil disini

Museum ini memiliki beberapa koleksi unggulan diantara lain : Telpon meja abad XVIII M, Shimponion, Sepada kayu, Hiasan Garudeya, Surya Tambha, Durga Mahesasuramardhini, Sepeda motor uap dan lain sebagainya. Bila anda berkunjung kesini selain untuk berwisata anda juga akan mendapati nilai sejarah didalamnya. Museum ini dibuka untuk umum mulai hari selasa samapai minggu pada jam 08.30 – 15.00 WIB. Dan untuk bisa memasuki museum ini anda hanya akan dikenakan tiket masuk mulai dari Rp 2000,- hingga RpR4000,-

 

Salam,

Rental Motor

Sundays Holidays

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s