Wisata dan Edukasi Agro Tawon Rimba Raya

Uji nyali bukan hanya didua dunia aja lho? pernah gak uji nyali yang berbeda? uji nyali dengan tawon di Agro Tawon Rimba Raya, Rasakan sensasinya bersama tawon-tawon di Rimba Raya. Salah satu wisata petik madu yang ada di Malang yang harus dikunjungi oleh para penjelajah bumi pertiwi tercinta.

petik madu

gambar diambil disini

Agro Tawon Wisata Petik Madu yang berlokasi di jalan Dr. Wahidin Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Lokasi obyek wisata ini sangat mudah dijankau karena letaknya tepat di jalur penghubung antara Malang – Surabaya, atau sekitar 1 km di sebelah selatan pasar Lawang.

download (1)

Gambar diambil disini

agro tawon

Gambar diambil disini

Disebut Agro Rimba Raya karena tempat ini digunakan untuk memelihara dan mengembangbiakkan tawon. Awal mula adanya wisata ini pada tahun 1978 oleh Pak Gunawan, ayah dari Bapak Hariyono yang sampai sekarang sudah melewati dua generasi. Dengan modal  awal 10 glodok kayu yang dilubangi, lebah hasil tangkapan Pak Gunawan dan karyawannya untuk beternak lebah. Baru pada tahun 1985 dibuat kotak sebagai sarangny. Pada tahun 2008, Pak Hariyono memutuskan mengembangkan usahanya edngan membuka Wisata Agro di perkebunan seluas 6,5 hektar di belakang rumah dan tokonya. Awal usahanya agrowisata hanya bertujuan untuk memberikan edukasi bagi para peternak lebah disekitar Lawang, Kabupaten Malang. Usaha Pak Hariyono ternyata mebuahkan hasil. Peminatnya bukan hanya dari daerah Lawang tapi hingga mancanegara.
Ada tiga jenis lembah yang dibudidayakan untuk menghasilkan madu, yaitu Apis Melilfira dari Australia, sedangkan Acerana lebah lokal yang ganas tetapi tidak berbahaya, dan Trigond lebah kecil dan tidak menyengat Apis Melilfira merupakan pilihan yang cocok untuk beternak lebah karena menghasilkan madu yang lebih besar. Bahkan yang dihasilkan tidak hanya madu saja, melainkan royal jelly, bee pollen, dan propolis.

download (2)

Gambar diambil disini

download

Gambar diambil disini

 

images

Gambar diambil disini

Prses pembuatan sarang lebah dibagi menjadi dua, yaitu alami dan buatan. Pembuatan sarang alami hanya dengan melibatkan lebah sendiri, sedangkan buatan dibuat oleh manusia. Dengan hasil panen antara 30-40kg madu murni untuk setiap musim bunga yang optimal.

Para wisatawan akan di manjakan dengan indahnya lokasi dengan fasilitas outbond, gazebo, kafe, tempat bermain dan area parkir yang luas.

Banyak cara menuju ke tempat wisata karena lokasi yang mudah dijangkau, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Agro Tawon Rimba Raya yang juga sambil menikmati dinginnya Malang lebih asyiknya dengan menggunakan motor bersama rental motor di Malang atau hubungi 082230149593 pin 2767CAD7.

 

Rental Motor di Malang

Sundays Holiday

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s